Wujudkan Desain Rumah Minimalis Ramah Kantong

Pastinya semua orang menginginkan mempunyai rumah yang nyaman, rapi dan indah untuk ditempati dalam waktu lama. Untuk mewujudkan rumah impian tersebut pastinya membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Bukan asal tunjuk, kemudian rumah tersebut langsung jadi sesuai keinginan. Tentunya ada banyak hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan rumah. Seperti memilih jasa arsitek yang akan membuatkan desain rumah Anda. Kemudian memilih jasa kontraktor untuk membantu membangun rumah. Lalu ada desain rumah seperti apa yang akan dipilih. Desain rumah sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari desain rumah minimalis, kontemporer, modern, dan masih banyak lainnya.

desain rumah minimalis
sumber : google

6 Tips Mewujudkan Desain Rumah Minimalis yang Khas

Saat ini kebanyakan rumah yang dibangun memiliki gaya desain minimalis. Bukan tanpa alasan pemilik rumah memilih gaya desain rumah minimalis ini. Salah satu keuntungan yang didapatkan ketika memilih membangun rumah desain minimalis adalah tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran. Selain itu, rumah minimalis tidak harus dibangun di atas tanah luas.

Bagi Anda yang tertarik membangun rumah bergaya minimalis. Ada baiknya jika memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya tidak membuat anggaran jebol.

  1. Menggunakan Cermin

Tentunya sudah tahu bahwa cermin mempunyai sifat yang mampu memantulkan bayangan. Dimana bisa menghasilkan ilusi yang mampu membuat rumah menjadi lebih besar. Karena itulah banyak rumah minimalis yang menggunakan cermin sebagai dekorasi ruangan. Anda bisa menempatkan cermin ini sebagai dekorasi dinding dan lemari pakaian atau lemari lainnya.

  1. Memastikan Penerangan & Sirkulasi Maksimal

Rumah minimalis umumnya dibangun pada lahan yang tidak begitu luas. Oleh karena itulah, Anda harus memastikan dengan baik bagaimana penerangan dan sirkulasi di dalam rumah tersebut. Apakah sudah baik atau belum. Akan lebih baik jika rumah minimalis bisa menghadap ke matahari terbit untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Dengan begitu rumah tidak akan lembab. Selain itu sirkulasi udara juga harus dimanfaatkan dengan baik untuk menghemat pendingin ruangan.

  1. Menghindari Memilih Warna Gelap

Biasanya rumah minimalis lebih banyak menggunakan warna netral. Seperti warna abu-abu, putih dan hitam. Namun bukan berarti Anda bisa menggunakan warna gelap untuk keseluruhan ruangan. Akan lebih baik jika mengombinasikan dengan warna lainnya. Dengan begitu, ruangan-ruangan dalam rumah menjadi lebih terang dan tampak luas.

  1. Hindari Terlalu Banyak Menyimpan Barang

Salah satu prinsip rumah minimalis adalah tidak terlalu banyak barang di dalamnya. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika Anda tidak menyimpan barang-barang terlalu banyak. Karena hal ini akan membuat rumah malah terlihat sumpek dan terdapat barang dimana-mana. Sebaiknya Anda memisahkan barang yang berguna dan tidak berguna. Jika pun barang tersebut nantinya memang masih akan digunakan, sebaiknya masukkan ke dalam gudang.

  1. Minimalisir Sekat Antar Ruangan

Beberapa rumah memang banyak menggunakan sekat, namun itu berlaku untuk rumah yang luas. Berbeda dengan gaya desain rumah minimalis. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan sekat yang terlalu banyak. Karena hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Anda bisa menggunakan lemari atau meja sebagai pemisah. Dengan begitu ruangan akan terlihat nyaman dan tetap terlihat luas.

  1. Menambahkan Unsur Alam

 Anda bisa memberikan furniture atau interior dengan nuansa alam untuk memberikan kesan yang hangat. Furniture dengan kesan alam ini tidak hanya akan memberikan kesan hangat saja. Namun juga membuat rumah menjadi cantik dan asri pastinya.