Tips Mendesain Café Untuk Menarik Banyak Pengunjung

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak usaha café dan restaurant terus mengalami persaingan. Dimana setiap tempat ini memberikan kelebihan tersendiri untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk tetap datang. Mulai dari memberikan diskon, menambah menu makanan atau minuman, sampai membuat tempat tersebut lebih menonjol dari yang lainnya. Desain interior atau eksterior yang unik akan membuat banyak pengunjung baru tertarik untuk datang. Sedangkan untuk pengunjung lama akan terus mendatangi tempat tersebut. Akan tetapi untuk membuat café jadi lebih menarik atau menonjol bukan hal mudah. Ada banyak hal penting yang harus dipertimbangkan bukan dengan kepala sendiri. Namun juga bisa meminta teman atau kerabat untuk mendapatkan kritik dan saran.

8 Tips Mendesain Café Supaya Jadi Menarik

Untuk Anda yang ingin mengubah suasana café menjadi lebih menarik. Maka beberapa tips berikut ini bisa membantu.

  1. Membuat Desain Simple

Café dengan tampilan sederhana dan bersih menjadi dasar paling penting yang harus dipertimbangkan secara maksimal. Desain bersih bukan hanya sekadar lantai dan meja bersih saja. Tetapi juga dekorasi interior ruangan nyaman. Selain itu juga dekorasi tidak berlebihan akan memberikan tambahan nilai untuk café tersebut. Jangan lupa untuk memastikan segala elemen sudah sesuai dengan tema café yang diusung.

  1. Pemilihan Furniture

Langkah selanjutnya yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika mendesain café adalah pemilihan furniture. Pemilihan furniture ini tentunya harus memperhitungkan konsep dan tema dari café itu sendiri. Oleh sebab itulah pembelian furniture juga perlu diperhitungkan supaya barang yang dibeli tidak salah. Dalam pemilihan furniture untuk café tidak hanya harus mengikuti tema atau konsep saja. Tetapi juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan fungsi dalam sebuah ruangan. Sebagian orang lebih suka dudukan sofa dengan sandaran. Nah Anda bisa membuat pertimbangan dalam pembelian furniture.

  1. Mempertimbangkan Kualitas

Memilih furniture seperti meja & sofa harus memperhatikan dengan baik seperti apa kualitasnya untuk sebuah ruangan. Sebagai contohnya pada ruang memanjang, pastinya akan dibutuhkan meja kokoh dan panjang. Pemakaian material yang berkualitas seperti kayu atau metal menjadi pilihan baik karena lebih kuat. Selain itu struktur furniture juga menjadi pertimbangan utama. Pemilihan furniture yang berkualitas baik memang akan mengurangi jumlah meja dan kursi dalam sebuah ruangan. Namun tetap harus diutamakan dibandingkan dengan kuantitas.

  1. Perhatikan Pencahayaan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika mendesain ruangan adan pencahayaan. Pencahayaan ini akan memberikan suasana di dalam ruangan. Apakah hangat, nyaman, terlalu terang, atau lainnya. Perlu diketahui bahwa pencahayaan ini memiliki hubungan dengan konsep yang akan ditampilkan. Tidak hanya itu, pencahayaan juga akan memberikan tampilan pada makanan. Cahaya yang tepat akan memberikan nafsu makan saat menyantapnya. Untuk membuat cahaya di dalam ruangan jadi lebih baik tidak hanya bisa dari cahaya lampu saja. Tetapi juga bisa dari pencahayaan alami di siang hari.

  1. Memperhatikan Bukaan Jendela

Bentuk dan frame dari jendela pun juga penting untuk didesain. Ini dimaksudkan untuk membuat cahaya bisa masuk ke dalam ruangan. Pencahayaan yang tepat dan bayang-bayang frame jendela bisa memberikan kesan mendalam pada pengunjung. Selain itu juga mampu memberikan kesan positif dan semangat. Pengunjung yang ada di dekat jendela bisa menikmati santapan sembari melihat pemandangan dari luar. Adanya jendela memang sangat multifungsi. Bisa sebagai pengatur cahaya, penghias ruangan, dan lainnya.

  1. Mempertimbangkan Ruang Berkumpul

Di dalam café memang ada banyak macam area atau ruang makan. Apabila ruang yang dibutuhkan adalah area makan untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Maka Anda harus memastikan jika ukuran ruangan dan furniture sudah sesuai di dalamnya. Hal ini pastinya akan berbeda dengan konsep café yang hanya dikunjungi oleh orang-orang sibuk.

  1. Memastikan Aroma Café

Aroma yang dikeluarkan oleh sebuah café akan memengaruhi selera makan para pengunjungnya. Oleh sebab itulah, jangan memberikan aroma yang berlebihan dengan wangi buatan. Misalnya penyegar ruangan atau parfum. Misalnya café yang akan Anda rintis adalah café kopi. Maka biarkan aroma kopi yang baru dibuat menyeruak ke semua ruangan. Dengan begitu orang-orang yang berada di dalam ruangan akan lebih betah.

  1. Mengkreasikan Café dengan Imajinasi

 Jika ingin semakin memperindah ruangan café, maka pemilik bangunan bisa mengkreasikan imajinasi di dalam tempat ini. Pemilik bangunan bisa bersenang-senang dalam mendesain dan merancang dengan menuangkan ide-ide yang terlintas. Buatlah kafe menjadi tempat kerja dengan lingkungan yang nyaman dan mengasyikkan selama bertahun-tahun.

Mencari Jasa Desain Interior Café Berpengalaman

Itulah beberapa tips untuk mendesain café supaya lebih menarik lebih banyak pengunjung. Untuk Anda yang ingin mendesain interior café tetapi masih awam. Maka bisa melakukan kerja sama dengan jasa desain interior. Bekerja sama dengan jasa desain interior membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan. Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan jasa desain interior café terbaik. Berikut ini cara untuk mencarinya.

  1. Membuat Daftar Jasa Desain

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar jasa desain interior terlebih dahulu. Tentunya Anda sudah tahu bahwa jasa desain interior ini ada banyak dan tersebar. Akan lebih menguntungkan jika bisa membuat daftarnya berdasarkan letak lokasi terlebih dahulu. Bekerja sama dengan jasa desain interior yang lokasinya dekat akan membuat Anda jadi lebih mudah untuk mendatangi lokasi kantornya. Setidaknya Anda bisa memilih 3 – 4 jasa desain interior untuk dipertimbangkan.

  1. Melihat Kredibilitas

Kemudian dari segi kredibilitas yang dimiliki oleh jasa desain interior pun perlu dipertimbangkan dengan baik. Semakin baik kredibilitas yang dimiliki oleh jasa tersebut, maka semakin baik pula pandangan banyak orang. Untuk mengetahui kredibilitas dari jasa desain interior ini bisa dilihat dari segi lama berdiri, testimoni, jumlah klien, dan portofolio. Semakin banyak klien yang sudah melakukan kerja sama. Maka semakin baik pula kredibilitas yang dimiliki oleh jasa desain interior tersebut.

  1. Ketahui Pelayanan & Layanan

Jangan lupa untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh jasa desain interior tersebut benar-benar berpengalaman. Jadi misalnya Anda menanyakan sebuah hal, maka langsung mendapatkan jawabannya tanpa harus menunggu terlalu lama. Juga pastikan dengan baik bahwa layanan yang ditawarkan oleh jasa desain interior lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu nanti Anda tidak harus pindah jasa desain interior jika ingin menggunakan layanan jasa lainnya.

  1. Pertimbangkan Biaya

Selain itu Anda juga harus membuat pertimbangan yang matang mengenai biaya jasa. Perlu diketahui bahwa tiap-tiap jasa desain interior memiliki penawaran biaya yang berbeda-beda. Ada yang memberikan penawaran harga murah sampai mahal. Harga murah dan mahal ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya adalah kualitas hasil pengerjaan, luas bangunan yang perlu didesain, dan masih banyak lainnya. Jangan sampai Anda mengeluarkan anggaran dalam jumlah banyak namun kualitas yang didapatkan tidak sesuai.